12 Cara Membuat Bayi Tidur

Membuat bayi menyesuaikan diri dengan jadwal tidur normal dapat menjadi tantangan bagi orangtua baru. Di bawah ini Anda akan menemukan serangkaian tips yang bisa membantu Anda mendapatkan bayi ke pola tidur yang layak dan memungkinkan Anda untuk mendapatkan tidur malam yang enak. Namun, harus ingat bahwa tidak ada rekomendasi tentang cara tidur bayi harus dipandang sebagai satu-satunya cara yang harus diperlakukan. Tidur, seperti makan, bukanlah keadaan yang dapat dipaksa kepada setiap bayi. Tetapi Anda harus mencoba untuk membangun menjadi suatu kebiasaan.

1· Untuk 2-3 bulan pertama bayi Anda perlu bangun untuk makan tetapi beberapa bayi iseng dan bangun sebelum      jam untuk makan tiba. Jika hal ini terjadi, cobalah mengabaikan bayi Anda untuk sementara waktu untuk melihat apakah mereka bisa kembali tidur secara alami.
2· Setelah beberapa minggu pertama, mulailah untuk mendorong bayi memiliki pola tidur yang normal di malam hari bila bayi sering terbangun di malam hari dan tidur hampir sepanjang hari.
3· Bayi-bayi memerlukan tidur 21 jam sehari dan anak-anak dari enam bulan sampai dua tahun membutuhkan setidaknya 12 jam tidur. Tidur adalah sama pentingnya untuk kesehatan anak sebagaimana makanan bergizi.
4· Bayi yang diberi ASI lebih cenderung terbangun di malam hari daripada mereka yang menggunakan botol.
5· Bayi memerlukan rutinitas dan selalu mengikuti pola tidur.
6· Bayi biasanya lebih tenang oleh suara laki-laki dan bisa tertidur lebih lancar setelah mendengar suara itu untuk beberapa waktu.
7· Bayi yang menghabiskan banyak waktu dalam pelukan ibu mereka umumnya lebih santai dan tidur lebih baik.
8· Bayi kecil juga adalah makhluk dengan kebiasaan-kebiasaan dan dengan pengaturan jadwal tidur, biarkan mereka tahu bahwa waktu tidur sudah tiba.
9· Coba gunakan musik sebagai suara latar yang efektif untuk menutup sumber-sumber suara lain yang dapat membangunkan bayi.
10· Jika Anda sering menggendong bayi Anda sampai bayi tertidur, Anda perlu untuk menghentikan kebiasaan ini. Dengan melakukan hal ini Anda menanamkan kepercayaan pada bayi Anda bahwa mereka akan tidur bersama Anda sepanjang waktu dan Anda akan memiliki kesulitan dengan hal ini. Untuk menghilangkan kebiasaan ini, letakkan bayi Anda terbaring di tempat tidur dan tinggalkan ruangan. Tidak peduli berapa banyak mereka menangis, jangan kembali untuk menghibur mereka dengan segera. Sebaliknya, tunggu 5 menit untuk pertama kalinya dan kemudian secara bertahap meningkatkan waktu ini. Anda akan menemukan setelah 1-2 minggu, bayi Anda akan senang untuk tidur sendiri.
11· Waktu tidur yang rutin dapat menjadi isyarat yang membantu bayi-bayi bisa dikondisikan untuk jatuh tertidur. Tidur dan tidur siang harus bukan suatu perkara tawar menawar.
12· Satu hal yang harus anda pertimbangkan ketika mencoba untuk mendapatkan bayi Anda tertidur dengan lebih baik di malam hari adalah kebiasaan makan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: